Pages

Sabtu, 26 Februari 2011

Peran Serta Masyarakat Dalam Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Pembangunan ekonomi tidak akan lepas dari adanya pertumbuhan ekonomi, karena suatu pembangunan ekonomi pasti akan mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya pertumbuhan ekonomi akan memperlancar proses pembangunan ekonomi.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertumbuhan penduduk dan disertai dengan adanya perubahan dasar dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.
Pembangunan ekonomi dipengaruhi atas adanya beragam aktifitas ekonomi yang dilakukan oleh berbagai masyarakat serta peran serta pemerintah.
Banyak hal kegiatan pembangunan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat suatu negara, yang pastinya seluruh kegiatan tersebut dapat berupa sumber daya manusia, sumber daya modal, serta keahlian atau kewirausahaan.
Sumber daya alam sangat mempengaruhi pertumbuhan industri suatu negara dalam hal penyediaan bahan baku produksi. Lalu, keahlian atau kewirausahaan sangatlah dibutuhkan untuk mengolah bahan mentah dari alam menjadikan sesuatu hal yang bertaraf tinggi. Sementara itu, sumber daya modal dibutuhkan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut. Pembentukan modal dan investasi ditujukan untuk menggali dan mengolah kekayaan. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas.
Nah, inilah sebagai peran serta masyarakat dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Hasil yang di dapatkan dari kegiatan masyarakat lebih kurangnya pasti akan memberikan peningkatan pembangunan ekonomi, lalu munculah suatu rencana pemerintah untuk menjalankan upaya peningkatan tersebut. Sehingga akan mengakibatkan pertumbuhan ekonomi dapat memajukan suatu negara menjadi lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar