Pages

Sabtu, 26 Maret 2011

Pengangguran
Seseorang dikatakan sebagai pengangguran bila memenuhi salah satu kategori :
a. Sedang tidak bekerja tetapi sedang mencari pekerjaan.
b. Sedang mempersiapkan suatu usaha baru.
c. Tidak memiliki pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapat pekerjaan (discouraged worker).
d. Sudah mendapatkan pekerjaan tetapi belum memulai pekerjaan.

Penyebab Pengangguran
a. Penurunan permintaan tenaga kerja.
b. Kemajuan teknologi.
c. Kelemahan pasar tenaga kerja.
1. Serikat pekerja meminta upah terlalu tinggi.
2. Keberadaan tunjangan pengangguran justru menurunkan niat untuk bekerja.
3. Asuransi pekerja terlalu berat bagi perusahaan.
4. Informasi mengenai lowongan kerja kurang.
5. Ketidakmampuan pekerja untuk mencari pekerjaan.
Jenis pengangguran
a. Pengangguran normal
Pengangguran normal adalah golongan angkatan kerja yang betul-betul tidak mendapatkan pekerjaan karena pendidikan dan keterampilan yang tidak memadai.
b. Pengangguran terselubung (Under Employment)
Pengangguran terselubung adalah golongan angkatan kerja yang kurang dimanfaatkan dalam bekerja atau golongan yang melakukan pekerjaan tetapi hasilnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Atau golongan yang bekerja di bawah kemampuan intelektualnya (disguise employment).
c. Pengangguran terbuka (Open Employment)
Pengangguran terbuka adalah golongan angkatan kerja yang betul-betul tidak mendapatkan kesempatan bekerja sehingga tidak mendapatkan penghasilan.
Dampak Pengangguran
a. Dampak Ekonomi
Biaya paling besar yang diakibatkan adanya pengguran adalah biaya peluang yang timbul karena hilangnya pendapatan dan menurunnya hasil produksi. Nilai GDP akan menurun dan pendapatan nasional akan berkurang bersamaan dengan turunnya standar hidup.
b. Dampak Sosial
Dampak sosial pengangguran mungkin relatif sulit diukur, tetapi pengangguran seringkali dihubungkan dengan naiknya tingkat kejahatan, naiknya ketergantungan narkoba dan alkohol, naiknya masalah kesehatan para pengangguran, angka bunuh diri yang lebih tinggi, retaknya keluarga, dan hilangnya harga diri serta kepercayaan diri para pengangguran.
c. Dampak Individu dan Keluarga
Pengangguran akan mengalami hilangnya harga diri dan kepercayaan diri yang akan menurunkan motivasi mereka untuk mencari pekerjaan atau menjalani ulang pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mereka. Kurangnya motivasi ini dapat memperpanjang masa pengangguran mereka sendiri dan meningkatkan ketergantungan dengan pihak lain yang menjadi tumpangan mereka selama menganggur.

0 komentar:

Posting Komentar